Tausyiah

*****

- Kepala Departemen Kaderisasi UKMI Fabio 2008

- Koordinator DPO UKMI 2009

- Kepala Departemen Humas UKKI Unsoed 2010

- Koordinator DPO UKKI 2011

Bismillah,

Ba’da tahmid wa sholawat.

**************

In our first sight in lovely University

You gave me really nice smile

And now…

We are sisters and brothers with one hearth

One, two, three year here with you

Like one second in my eyes

Sadness, happiness, madness And the other blesses

Make our day like spring

In the heaven

With lovely hearts

We’ve make our days bright

Until we’re back to Allah

Although we’ll trhough diffent way

You’re still my lovely sisters and brothers

**************************************

Ikhwah fillah..

*************

Ijinkan saya membuka uraian ini dengan permohonan maaf, kepada antum semua. Atas sebuah kelalaian yang terjadi secara kronis. Secara sadar atau tidak telah mengurangi hak dalam berukhuwah dengan antum. Ketika saya acuh tak acuh dalam pertemuan selintas. Ketika ada ganjalan yang menghujam kalbu. Ketika tiris dan hambar senyum berkembang. Ketika tangismu tak mampu kudekap. Ketika penderitaanmu hanya lewat sebagai berita. Ketika inetraksi kita sebatas basa-basi. Maafkan atas kelalaian dan empati yang tipis untuk mengerti dan mengutamakan antum wa antuna.

Ikhwah fillah…

*************

Antum adalah harta terbesar dalam hidup hari ini. Dengan senyum ikhlas antum, dengan kesabaran antum, bahkan dengan marah dan sikap keras antum. Itu semua adalah penguat tapak kaki berjalan dalam dakwah. Maafkan atas keegoisan ini. Ketika kumencari kenyamanan dan mencari kekuatan baru namun meninggalkan amanah yang seharusnya menjadi perhatian lebih. Seharusnya saya menyadari bahwa itulah realita yang harus dihadapi. Ketika ada keinginan untuk “lari” keluar untuk mengisi kekeringan ukhuwah. Meskipun masih dalam jamaah dakwah. Seharusnya kubersihkan hati kulapangkan jiwa untuk sama-sama membangun sebuah kekuatan. Betapa ukhuwah adalah pilar dakwah yang besar. Namun, hal itu tidak akan terjadi jika tidak ada komitmen bersama. Saling membuka hati dan melapangkan dada untuk menyikapi segala kekecewaan yang pernah terjadi.

Ikhwah fillah…

*************

Ketika seorang muslim telah mengambil satu keputusan “besar” untuk senantisa berada pada “Jalan dakwah ini”. Maka sesungguhnya jihadnya baru saja dimulai. Keberanian untuk berjihad menanggung segala konsekuensinya itulah yang menyebabkan seorang ikhwah bernilai lebih dari pada yang lain. Jihad dalam mempertahankan kemuliaan islam dan kesadaran diri untuk senantiasa bersungguh-sungguh dan tunduk pada rambu-rambu dan syariat Allah ~’Azza wa jalla~ merupakan sebuah pengorbanan yang luar biasa. (Semoga itu yang menyebabkan kita dicintai Allah).

Ikhwah fillah…

*************

Keputusan yang kita ambil itu, ahsannya diikuti dengan rasa ketawadhuan (kerendahan hati) untuk sama-sama belajar dan mengaplikasikan nilai-nilai islam yang mulia ini. Belajar untuk menjaga pandangan dengan lawan jenis, belajar mengunakan busana muslim yang menutupi aurat, belajar menggunakan jilbab sesuai dengan syariat, belajar untuk tidak berkhalwat (berdua-duaan) dengan yang bukan mahromnya, belajar untuk melakukan amalan-amalan sunnah (puasa senin-kamis, sholat dhuha, infak.dll), belajar untuk tidak mencontek saat ujian, belajar untuk tidak berboncengan dengan lawan jenis yang bukan mahromnya (kecuali darurat), belajar menebarkan salam dan masih banyak lagi. Semoga kita tidak termasuk makhluk yang paling buruk disisi Allah lantaran akal dan hawa nafsu kita mengalahkan apa yang telah Allah perintahkan.

Ikhwah fillah…

*************

Perjalanan dakwah ini begitu panjang, penuh halangan dan rintangan. Hal ini menjadi sunatullah karena ashiru bainal haq wal bathil, peperangan antara yang haq dan yang bathil itu senantiasa terjadi. Saudaraku..dalam jalan dakwah ini dibutuhkan sebuah kesabaran, pengorbanan, kekuatan ruhiyah, komitmen dan semangat untuk mencari ridho Allah. Karena kita meyakini bahwa sesungguhnya sholat kita, ibadah kita, hidup kita, mati kita hanyalah untuk Allah rabb semesta alam (doa iftitah saat sholat.-pen).

*************

Kobaran militansi semangat untuk terus beramal jama’i dan berdakwah merupakan ciri bahwa syahadat dan aqidah kita shohih (baik dan benar), insya Allah. Tidak ada kalimat yang lebih indah selain daripada kita menyeru manusia kepada jalan Allah (berdakwah.-pen). Syurga Allah terlalu indah jika kita masuki seorang diri, dan terlalu egois jika kita berharap akan masuk sendirian. Tidak ada cita-cita yang lebih tinggi selain berharap dapat menatap wajah Rabb yang menciptakan kita di yaumil akhir nanti. Insya Allah.

*************

Dalam sebuah Hadits Sohih Rasululloh ~Sholallahu ‘alaihi wassalam~ bersabda : “Tidak beriman diantara kamu. Shingga ia mencintai saudaranya, sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri” (H.R Ahmad dan An-Nasai)

*************

Dalam hadits Qudsi Allah Swt berfirman: “Sepantasnyalah cinta kasih-Ku tercurah kepada orang-orang yang mereka itu saling berkasih sayang, saling mencintai di jalan-Ku. Sepantasnyalah cinta kasih-Ku tercurah kepada mereka yang saling menghubungkan silaturrahim pada jalan-Ku. Sepantasnyalah cinta kasih-Ku tercurah kepada mereka yang saling menasehati karena pada jalan-Ku. Sepantasnyalah cinta kasih-Ku tercurah kepada mereka yang saling menziarahi karena Aku. Sepantasnyalah cinta kasih-ku tercurah kepada mereka yang saling memberi karena Aku.”

*************

“Dunia ini hanyalah tiga hari, Satu hari dimana telah lewat dan kau tidak dapat mengubahnya, yaitu hari kemarin. Hari esok dan kau tak tahu apakah masih memilikinya atau tidak. Dan hari ini, Maka berbuat amal sebanyak-banyaknya pada hari ini” (Al-Hadits).

*************

Perjalanan masih panjang. Wallahu ‘alam bisshowab.. Keep in touch, because your eyes gives me power to fights. Semoga kita bersama hingga ditempat yang lebih baik bersama orang-orang yang kita cinta.

With Love..

Agus Supriyadi

 *************

Dipost ulang di Purwokerto, 22 Januari 2011.

Atas nama : 1. Pribadi 2. Kepala Departemn Kaderisasi UKMI Fabio Unsoed Purwokerto 3. Humas Divisi Eksternal UKKI Unsoed Purwokerto 4. Kepala Departemen Humas UKKI Unsoed 2010. 5. Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia Komisariat Soedirman Purwokerto 6. Pimpinan Buletin Dakwah Kampus Thullabi Purwokerto 7. Forum Silaturrahim Aktifis Dakwah Kampus Fakultas Biologi Unsoed Purwokerto

About these ads