Ditulis dan Diposting ulang oleh; Agus Supriyadi

Purwokerto, 15 November 2009

Bismillah, Ba’da tahmid wa sholawat..

Kangen dengan murobbi SMA, sampai detik ini beliau masih suka telepon dan sms ana. Menanyakan kabar, “Gimana akhi kuliah antum? nanti pulang ke Bekasi,”. Subhanallah…beliau adalah sosok murrobi yang luar biasa, rasanya sangat dan teramat menyesal jika tidak datang liqo pekanan.

Beliau selalu menanyakan kabar ibu ana dan keluarga, sampai menanyakan kesehatan dan menawarkan bantuan jika keluarga ana ada yang sakit. Beliau adalah seorang yang sangat semangat dan tidak membosankan, seorang yang keras terhadap kebathilan dan kemaksiatan. Beliau adalah orang yang mementingkan kepentingan ummat. Beliau adalah orang yang keras terhadap harokah lain yang ingin menghambat dakwah ini (mau liqo, diusir sama ust salafi, sama ust yasin langsung didatengin tuh ust. di taujih). Beliau yang ketika menjadi imam saat sholat, berlinanglah air mata ana. Penuh rasa khusuk. Seorang hafidz dengan suara imam-imam Mesir.

Beliau akrab dengan tukang parkir, tukang ojek, tukang becak dan preman terminal. Siapa yang tidak kenal dengan beliau?? Nur Yasin Bin Suparmin.

Dakwahnya begitu real dan terasa. Beliau seorang yang serius dan solutif. Jika ada yang butuh baju, beliau langsung berikan. Jika ada yang butuh uang, beliau langsung berikan. Jika ada tetangga yang sakit beliau langsung mengantarnya kerumah sakit. Sepertinya beliau sangat tsiqoh kepada Allah akan rezeki yang dititipkan kepadanya. Tidak takut miskin.

Kata-katanya memiliki kekuatan ruhiyyah. Murobbi mana yang sudah memberikan materi tentang Jihad? Adakah murobbi antum? Rasanya tidak ada, karena memang tidak ada dalam Buku Kurikulum Tarbiyah yang membahas tentang pentingnya Jihad. Beliau sampaikan langsung dengan kitab-kitab berbahasa arab.

Sosok Murobbi yang Berani. Selalu mengingatkan akan pentingnya militansi dan membela manhaj dakwah ini. “Masa antum yang kader kalah sama yang bukan kader? Pak Fulan shubuh-shubuh udah bawa gunting, itu bendera … sensor sensor … diguntingin, dicopotin, padahal dia cuma simpatisan. Lah kita??? Bendera PKS baru dipasang malem, pagi udah di colong orang. Udah gitu kita diem -diemaja lagi. Payah banget dah! Besok shubuh pada bawa gunting ya. Diguntingin tuh bendera..”.

(Waktu itu lagi panas-panasnya pemilu legislatif 2008. Maen pasang, copot dan gunting menggunting bendera).

Beliau selalu memperhatikan bacaan alquran mutarobbinya. Jika ada yang salah, maka beliau langsung membenarkannya. Jika masih salah juga, biasanya beliau agak sedikit keras. “Heh! diliat itu bacaannya! ulang!”

Kenangan Bersama Beliau ;

~ Karena biasanya terlalu cape, beliau selalu tidur dulu sebelum mengisi materi. Tidurnya ditengah-tengah halaqoh (lingkaran), udah kayak mayat di ngajiin surat yasin ( ‘asif jiddan ust, ane terlalu jujur :D ).

“antum tilawah dulu, nanti kalo udah selesai bangunin ana, mau tidur dulu..”. (tidur sebelum ngisi materi).

~ Materi liqo yang disampaikan oleh beliau seperti Ust Anis Mata menulis buku. Memformulasikan mengkomparasikan antar Alquran, Hadits dengan Permasalahan kontemporer dengan memberi contoh permasalahan.

~ Suka nyindir.. “Itu tuh..gereja sebelah tuh..tutup aja tuh..” (sambil nunjuk nunjuk gereja disamping Masjid Al-Quds, Jati Mulia dengan nada bercanda tapi serius).

~ Menyampaikan informasi update dari DPP PKS.

~  Makan gorengan Bareng, “Antum jualan gorengan aja akh agus, lumayan untungnya”.

~ Suka menanyakan mutarobbinya jika ada yang tidak hadir liqo. “Ridwan kemana gus? Gak dateng liqo? disamper kagak?”

~ Pulang liqo sama Obi (Anaknya Ust Sa’dudin, Sekarang Bupati Kab. Bekasi), ngebut-ngebut pake motor satria di Kalimalang, Bekasi.

Ust Nur Yasin, Lc

Catatan Harian Ane :

Aneh bin ajaib, ane yang lagi rada vacum ini malah diminta ngisi kajian dalam satu pekanan ini. Padahal kayaknya nggak banget untuk ukuran ruhiyyah yang pas pasan. Subhanallah…

1. Ngisi Kajian MK 1 KAMMI ; al Ghozwul al Fikr. Banyak juga pesertanya..

2. Ngisi Kajian Ma’rifatulloh Bab 1 (Tentang Syukur dan Nikmat) oleh LSO Mentoring di Masjid Kampus Nurul Ulum.

3. Ngisi Materi Marokah Syiasyah sama ade2 ikhwan 08 dan 09 Biologi. Katanya mau ada pemilihan ketua Angkatan 2009. Walau strategi ‘gak maksimal banget. Alhamdulillah bisa menang juga.. :D Oo..ternyata..

4. Diminta Ketum LDK ngisi Kajian Kitab Riyadhus Sholihin

5. Ngisi Kajian Al Qiyadah Wal Jundiyyah. Teman-teman FoSEI FE UNSOED. (Forum Studi Ekonomi Islam)

6. Ngisi Materi Urgensi Organisasi di Karang Taruna. Rekomendasi Akh Hardi dan Pak Eko (Dosen Lab Pengajaran Fabio). Nama tempatnya ana lupa, deket rumah Prof. Dr. Soedjarwo, Rektor Unsoed. Yang dateng banyak banget, anak muda mudi sama Bapak-bapak..

7. Diminta ngisi materi mabit, tentang Komitmen Muslim Kepada Harokah Islamiyah. (Karena pembicara berhalangan hadir, jadinya adik ana, Heru bawel minta ana suruh ngisi. Tapi ga bisa cz udah kecapean duluan. afwan akhie..).

8. Diminta jadi Imam Qiyamulail temen-temen FKIK (Farmasi, Kesmas dan Keperawatan) oleh Akh Nahsyat (Ketum Kesmas). Tapi ana tolak cz emang lagi cape, udah gitu jaraknya jauh banget. (Militansix dipertanyakan. Hua hua hua)

Mungkin tanda Allah sayang sama ana, tidak ingin jundinya vacum begitu saja, amin amin amin amin ya Allah ya Rabb.. :D

Afwan, tidak bermaksud riya, ana hanya mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan..