Ditulis dan diposting ulang oleh; Agus Supriyadi

Purwokerto, 21 Maret 2008

Apa aja c tips2 biar kita tetap mencintai dan peduli terhadap sudara kita???

1. Ucapkan salam saat berjumpa, berjabat tangan dan bertanya tentang kondisinya.

(Kalo ane c biasanya sambil ane peluk, gag cuma salaman doang, cz itu bisa lebih memberikan dan menularkan semangat serta memiliki ruh. Kalo antum berinisial akhwat.., maka apa yang ane lakukan boleh antum lakukan (tentunya dengan akwat juga, kalo BUKAN berarti MUSIBAH. Innalillahi..) PLUS di tambah cipika-cipiki..sun pipi kanan sun pipi kiri. Terus ngomong dech..

” Subhanallahakhi/ukhti…Kaifahal…udah lama ga’ ketemu yach..?? dan Bla..bla..bla.)

2. Bersikap hormat dan lemah lembut bila bertemu dengan anggota keluarga/ sanak saudaranya.

3. Beri waktu tertentu untuk memberi hadiah.

4. Upayakan mengenalnya secara menyeluruh.

5. Usahakan tidak menyebut-nyebut peristiwa yang membuatnya sedih.

6. Berilah nasehat tatkala dia seorang diri atau terlihat sedang membutuhkan tausyiah

dan perhatian antum.

7. Hati-hati menjaga rahasia dan jaga kehormatannya.

8. Kirimi berita bila anda pergi jauh.

9. Jangan sekali-kali menyinggung perasaannya.

10. Dengar baik-baik setiap pembicaraan, curhatan atau keluhannya.

11. Bersikap tawadhu terhadapnya.

12. Jadikan anda qudwah dalam perilaku dan sikap, janji dan penampilan.

13. Upayakan untuk tidak membebani saudaramu.

14. Perbanayklah berjiarah ketempat tinggalnya (Silaturrahim gitu… ).

15. Berilah kepercayaan sesuai tanggung jawab dan kemampuannya.

16. Panggilah ia dengan nama yang paling baik…

17. Berikan pujian bila ia melakukan ’amal yang baik.

18. Jangan menampakkan sikap menggurui.

19. Jangan mencari-cari kesalahannya.

20. Upayakan tidak melebihkan sebagian saja dan bersikap sama.

Antum bisa dikatakan mengenal saudara antum, ketika antum sudah melakukan lima hal, yaitu :

1. Tidur bersama-sama dengannya.

2. Makan bersama dengannya.

3. Melakukan perjalanan (Shafar) bersama dengannya.

4. Merasakan kesulitan finansial bersama lalu dengannya

5. Memikirkan solusi yang terbaik. Saling memahami, ikhlas dan sabar dalam membangun

silaturrahim (ukhuwah islamiyah).

SELAMAT MENCOBA YAA..SUKSES UNTUK ANTUM!

SEMOGA bermanfaat untuk yang membaca.

SELAMAT mengamalkan.