Purwokerto, 5 April 2011. Pukul, 16.00-17.15 WIB

Oleh : Agus Supriyadi

”Semakin Allah mencintai kita, maka Allah akan semakin menguji hamba-Nya. Agar kita semakin dicintai oleh-Nya. Ujian Allah adalah peningkatan kualitas derajat keimanan. Berbahagialah dengan ujian Allah” –Agus Supriyadi


Mungkin kita sering bertanya, kenapa aku di uji?”

Jawabannya : Q.S Al-’Ankabut [29] : 2-3

“”Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan hanya dengan mengatakan, “Kami telah beriman.” Dan mereka tidak diuji? Dan sungguh, Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengethui orang-orang yang berdusta”.

Kenapa aku tidak mendapat apa yang kita inginkan?”

Jawaban : Q.S Al-Baqoroh [2] : 216

“Diwajibkan atas kamu berperang padahal itu tidak menyenangkan bagimu. Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui”

Kenapa ujian yang aku hadapai seberat ini?”

Jawaban : Q.S Al-Baqoroh [2] : 45-46

“Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Dan sholat itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk, (yaitu) mereka yang yakin, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka aka kembali kepadan-Nya”

Lalu..kepada siapa aku harus berharap?

Jawaban : Q.S At-Taubah [9] : 129

“Maka jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah (Muhammad), “Cukuplah Allah bagiku: tidak ada tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal, dan Dia adalah Tuhan yang memiliki ‘Arasy (singgasana) yang agung”

Lalu..apa yang aku dapat dari semua ini?”

Jawaban : Q.S At-Taubah [9] : 111

“Sesungguhnya Allah membeli dari orang-orang mukmin, baik diri maupun harta mereka dengan memberikan syurga untuk mereka. Mereka berperang dijalan Allah; sehingga mereka membunuh atau terbunuh, (sebagai) janji yang benar dari Allah didalam Taurat, Injil dan Al-Quran. Dan siapakah yang lebih menepatinya selain daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan demikian itulah kemenangan yang agung”.