AL-BATTAR, 14 November 2011 Pukul, 10:20 WIB. Oleh : Agus Supriyadi

            Hmmmph, senin pagi yang cukup cerah. Tidak dingin, tidak  berkabut dan memang tidak seperti biasanya. Padahal pekan ini intensitas curah hujan cukup tinggi. Dengan tersipu malu, ‘Sang Mentari’ mulai mengendap-endap memberikan  senyuman terhangat-nya, padaku. Romantis😀

Karena penasaran, akhirnya saya sempatkan melirik jam dinding dikamar, “Wow… masih jam 05:30 WIB”. Kalo sholat subuh lebih dari jam 06:00, bisa-bisa berubah jadi Komodo. Horor!

He..He..He., santai aja teman, itu cuma celetukan saya khusus untuk penghuni AL-BATTAR. Just Kidding. Piss.. ^^v. Gak kebayang kalo se-Purwokerto sholat subuhnya pada kesiangan. Bisa-bisa sepanjang jalan isi-nya Komodo semua. Wuiih.. Horor!😀

Alhamdulillah yach, hari ini cuaca cerah ceria cekali (4C). Subhanallah. Pagi ini saya belum tilawah, cuma baca Al-ma’tsurat doang. Dan jujur aja, walaupun cuaca cerah, sebenernya agak males untuk nyapu, nyupir, dan bersihin kosan, apalagi ‘Goyang Gayung’ (Siram –> Papung –> Mandi). Hadeuuh.. nanti dulu aja lah, agak siangan. Hari ini ‘Sesuatu banget..’😛

Lalu-Lalu-Lalu…

Yup..! Cari aktivitas lain, yaitu merapihkan file, arsip dan dokumen dakwah (hardcopy) di Box-File. Maklum, tidak ada jadual kuliah hari ini. So that? Tugas pengarsipan dimulai. Memisahkan antara file dakwah, kuliah dan organisasi, agar jika suatu saat salah-satunya dibutuhkan, tidak perlu repot “gedebag-gedebug” bongkar-pasang tumpukan ‘kertas’ dikardus. Belajar rapih Akhi..! Heu-Eum..

Secara tak sengaja saya menemukan sebuah paper dengan judul, “PROFIL KEPRIBADIAN ANDA”. Agak asing memang, coz saya orangnya cuek banget sama hal-hal yang berbau ‘penilaian’. Anyway, mau gak mau itu paper saya baca juga. “Zreertt.. Zreett.. Zreett.. Yup..! Selesai bacanya!”. Koq cepet sih bacanya? Ya iyalah namanya juga paper, gak tebel, cuma dua lembar doang. Selesai baca, cuma bisa senyum 1 setengah centi. Hoo.. (“-_-)9  I Don’t Think So

PROFIL KEPRIBADIAN ANDA (Kepribadian dengan emosi yang sempurna). “Wow.. Emosi yang sempurna?” (Batinku dalam hati). Sang Melankolis (Introvert, Pemikir, Pesimis). “Oh Yeah..? Gue? Pesimis? Ya Allah Tolong..” (‘Body Protector’ banget saya sama kalimat pesimis).

Dalam paper itu dimuat dua point, yaitu “Sisi Terang” dan “Sisi Gelap” dari Kepribadian Seseorang, yaitu:

***

SISI TERANG:

–          Mendalam dan Penuh Pikiran

–          Analistis

–          Serius dan Tekun

–          Cenderung Jenius

–          Perasa terhadap orang lain

–          Berbakat dan Kreatif

–          Artistik dan Musikal

–          Filosofis dan Puitis

–          Suka Berkorban

–          Penuh Kesadaran

–          Idealis

–          Menghargai Keindahan

***

Selesai baca “SISI TERANG”, saya sedikit terkejut. “What..? Gue Melankolis..? Subhanallah. Kok bisa ya..? Hmph.. tapi emang sih.. 99% Sisi Terang itu mencerminkan saya banget.  Beneran..” (Dalam hati).

Dari SD, saya berkeinginan bisa memainkan Piano atau Biola. Bagi saya, bisa memainkan piano itu sesuatu yang luar biasa, elegant banget. Keren. Butuh IQ yang lumayan untuk memahami not balok. Dan sampai detik ini, keinginan itu masih ada. Boleh dong..😛

Saya juga suka dengan lagu Instrumental, semisal My Reason, Kevin Kern -Sundial Dreams- atau Serenade -The Elegance Of Pachelbel-. Kalo lagi tepar alias lagi capek banget, biasanya suka berkontemplasi dengan lagu-lagu instrument. SUKA..!

Pernah nyoba main harmonika, tapi itupun gak berlangsung lama. Pasalnya, selain faktor bau yang bikin BT (bekas bibir soalnya) ditambah harus dielap kalo mau dipake lagi. Jadi ribet. Saya juga senang membaca novel, membuat puisi dan membaca cerita sastra.

“Saya Idealis..?”, Bangeet..! Skripsi aja pengen pake Bahasa Inggris. Pengeen doang. Gag tau deh😛

“Penuh Kesadaran..?”, Weiss.. Jangan tanya..! Di kosan  mirip banget sama pembantu. Sumpah..😦

“Mendalam dan Penuh pikiran..?”, So pasti. Organisasi Dakwah sampe diukur pake “Neraca Pegas”

“Analistis..?”, Yupp..! Semua harus dengan sanad yang shohih dan perhitungan yang tepat.

“Perasa dengan orang lain..?”, Insya Allah, dari mulai SMA saya sudah belajar Itsar. Fastaqim.

Hmph… Pokoknya ‘Sisi Terang’ Melankolis Sempurna itu 99% ada pada diri saya. Haqqan..!

***

SISI GELAP:

–          Mudah Stress

–          Kurang Spontan

–          Idealis Kekanak-kanakan

–          Tidak baik bekerja dibawah tekanan

–          Perfeksionis (Maunya Sempurna)

–          Perlu Banyak Waktu

–          Sulit Disenangkan

***

Anyway Busway, makasi eaa paper. Saya akui “Sisi Terang & Sisi Gelap” benar-benar mencerminkan kepribadian diri saya banget. Semua ini adalah sinkronisasi (ce ileh bahasanya eaa..) antara hati, perasaan dan aktivitas saya.  Penilaian pribadi yang sarat subjektifitas. Tentu saja, penilaian itu harus bersamaan dengan unsur  ketulusan, kejujuran dan mungkin kepolosan saya dalam menilai, Insya Allah. Dan tentu saja (mungkin) penilaian orang lain akan berbeda.

Tapi gak tau juga sih, jangan-jangan malah di aamiin-in. alias meng-iya-kan. Terlepas dari BAIK atau TIDAK-nya sisi-sisi kepribadian tersebut, minimal saya jadi lebih paham tentang diri saya sendiri.  Saya mah orangnya cuek banget.

Saya baru tau, ternyata Perfeksionis itu ada pada kolom ‘Sisi Gelap’. Bodoh sekali saya ini, kenapa baru tau sekarang.  Saya kira perfeksionis itu adalah bagian dari kelebihan. Eeh..Gag taunya. Heuuu.. (“-_-)9

Next Time –> Will Never Surrender Because I Can’t See Other People Suffering.. Fighting For Freedom..!🙂

Fadli Rahman Hamasah – Agus Supriyadi Semangat

fadli rahman h