“Islam cinta keadilan..,

Klo gak dateng syuro tinggal bilang ‘afwan,

‘Afwan ane ya akhi.., ’afwan ane ya ukhti..,

Ane sibuk sekali…”

(Izzatul Islam Remix)

Jika antum orang sibuk dengan segudang agenda rapat, sampai-sampai mendapat lencana ‘kehormatan’ dari ikhwah dengan sebutan “mansyur” (manusia syuro), tidak perlu khawatir dan cemas sob, malah seharusnya kita harus bisa membuktikan bahwa kita  manusia profesional. Enggak telat dateng rapat walaupun sibuk, keren banget nih.

Perlu antum ketahui bahwa Rasulullah adalah seorang yang paling sering melakukan syuro atau rapat bersama para sahabat. Karena hal ini diperintahkan dalam Islam. Ketika kita akan memutuskan berbagai macam perkara terkait dengan kebijakan publik dan mashlahat umum.

Sekarang ana mau sedikit berbagi pengalaman bagaimana menyikapi sebuah kondisi waktu syuro yang bentrok, agar kita bisa tetap menyampaikan ide dan gagasan tanpa mengurangi hak kepada wajihah/lembaga lain. Berikut tips yang akan ana bagi, tapi cuma sedikit doang. ^O^

  1. Jika antum telat dateng syuro, jangan lupa bawa makanan ringan (snack : minuman botol, kue, biscuit, gorengan, etc). Jika ada sempat waktu untuk menjelaskan perihal keterlambatan kita, maka jelaskanlah apa adanya dan jangan sekali-kali membuat cerita bohong atau sampai mencari-cari alasan yang tidak syar’i. Jika keadaan tidak memungkinkan untuk menjelaskan tentang keterlambatan kita, maka kita tidak perlu menjelaskannya. Rapat dilanjut saja dan kita langsung duduk  manis mendengarkan mengikuti. Insya Allah tanpa laporan pun peserta syuro yang lain sudah pada tau bahwa kita datang telat. Tapi biasanya sih iseng-iseng ditanyain, “afwan, kenapa antum dateng telat?”. Biar suasananya hidup. :p
  2. Jika ada dua agenda syuro yang bertabrakan dalam satu waktu, pilihlah mana yang paling prioritas. Datangi syuro yang menurut kita kurang prioritas sambil memohon izin untuk dateng telat di syuro yang lebih penting. Ini untuk menjaga keseimbangan agar kita tetap memberi kontribusi saat syuro berlangsung.

Ini cuma ide ana aja kok, gak usah diikutin gak apa-apa..🙂