Jihan Pemungkas Widya – VII Sincere – SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Purwokerto

PJ SDP: Lilik Liqonnisa, S.Psi | Wallas: Sri Sustantri W, S.E

TANGGUNG JAWAB

Alhamdulillah, Jihan mulai semangat belajar, walaupun dalam beberapa hari ini saya mulai menggunakan kalimat penegasan;

“Jihan belajarnya yang smangat ya, kalo gak smangat nanti ust agus pulang aja deh…”.

Setelah itu, biasanya Jihan langsung serius memperhatikan jika saya sedang menjelaskan pelajaran.

“Jihaan…, gambarnya nanti lagi yaa, sekarang perhatikan ustadz dulu…!”

Mohon maaf, memang sengaja mulai sedikit saya “ancam”, tapi insya Allah tetap bernilai positif.

  • Mengerjakan tugas kelompok tentang pencegahan limbah tanah.
  • Selalu sigap saat piket kelas, merapihkan dan menyusun semua sandal temannya di rak, terkadang merapihkan kursi dan meja.
  • Selalu makan siang dengan tertib dan teratur saat jam istirahat berlangsung.
  • Tidak lupa membawa seragam taekwondo dan mengikuti ujian praktek komputer dengan baik (materi masih photoshoop).
  • Jika Jihan mulai bosan belajar dan mulai bosan memperhatikan ketika saya sedang menjelaskan, biasanya kami makan permen frozz bareng-bareng, agar tidak ngantuk dan bosan.
  • Prolog awal untuk menjelaskan pelajaran, saya mulai dengan menggambar karikatur, kartun atau menyampaikan cerita pendek.
  • Ananda Jihan bertanggung jawab saat saya minta menjaga buku tartili nya.

IBADAH

  • Hafalan qurannya sudah 5 surat; alikhlas, alfalaq, annas, allahab & alkautsar.
  • Segera berwudhu dan pergi ke masjid jika sudah masuk waktu sholat.
  • Senantiasa shalat sunnah rawatib ketika di sekolah.
  • Tartili: Buku 3 halaman 26, membacanya sering mengulang pada halaman yang sama, walaupun seharusnya sudah ganti halaman berikutnya.
  • Membaca buku tartilinya sudah cukup baik, dan masih perlu didampingi
  • Biasanya tahfidz dan tartili dengan saya, setelah itu dengan ust masnun. (2x).
  • Belum bisa konsentrasi saat sholat, insya Allah masih saya bimbing dari segi tata-cara ataupun bacaan sholatnya.

SOSIALISASI

  • Alhamdulillah ananda Jihan sangat baik sosialisasinya dengan teman-teman.
  • Sering berkomunikasi dan diajak ngobrol oleh teman-temannya, kadang temannya langsung mendekat dan duduk disamping Jihan.
  • Terkadang Jihan lebih memilih ngobrol dengan saya, atau duduk sendirian di bangku luar kelas, tapi ini jarang, biasanya duduk di dalam kelas.
  • Suka ditanya oleh temannya, “lagi gambar apa ji?”, “tos dulu dong ji”, “nanti ikut taekwondo gak ji?”, “Jihan, kamu satu kelompok sama aku”. ect

EMOSI DAN PERILAKU

  • Kondisi emosi Jihan belum stabil, ananda mudah terpancing emosinya dan kadang jadi menangis ketika teman-temannya terlalu over dalam bercanda.
  • Masih sering melihat keluar jendela jika bosan dengan pelajaran.
  • Sering marah jika saya izin ingin pulang karena waktu pendampingan habis.
  • Ananda Jihan sangat senang menggambar dan membuat komik.

KOMUNIKASI

  • Alhamdulillah komunikasi Jihan dengan teman, guru atau aide teacher cukup baik walaupun belum bisa kontak mata secara langsung dengan lawan bicara (masih suka menunduk).
  • Saat berkomunikasi, saya mencoba memahami dan  menangkap maksud yang disampaikan oleh ananda Jihan. Alasannya adalah, karena saya tidak bisa bahasa jawa jika Jihan sedang bicara pakai bahasa jawa.
  • Jika saya meminta klarifikasi dari maksud Jihan yang belum saya fahami, kadang jihan suka marah.

MOTIVASI

  • Saya selalu memberikan motivasi dan mencoba menerapkan teknik Hypnosis Learning (Pembentukan karakter anak dengan memberikan afirmasi, sugesti dan visualisasi)
  • “Jihan anak hebat, pasti rajin belajar”
  • “Jihan anak pintar,  jadi Jihan tidak boleh marah-marah, mendingan kita gambar aja yuk!”
  • “Apa kabar Jihan? Semangat terus yaa..”

KONSENTRASI

  • Belum mau memperhatikan saat guru menjelaskan pelajaran di depan kelas.
  • Mampu merespon kondisi sekitarnya dengan baik dan sangat peka terhadap lingkungan di area sekolah.
  • Ananda Jihan mau menghitung dan membuat catatan, mau mengerjakan soal dengan baik dan rapih.
  • Penting: Saya perhatikan, ternyata cara belajar Jihan adalah dengan menghafal semua pelajaran sekolah, yaitu dengan cara mendengar ucapan ustadz – aide teacher dan melihat gambar atau film dengan menggunakan LCD. Ini dibuktikan saat UK kemarin, setelah saya cek jawaban choice (pilihan ganda) milik Jihan, diluar dugaan ternyata jawaban Jihan banyak yang benar, padahal waktu itu saya tidak sedang membantu atau mendampingi. Pendampingan saya saat UK kemarin, 70% pada soal essay (isian). Hafalan dan daya ingat Jihan baik sekali.

*****

Catatan Bulan 16 Juni 2012

Aide Teacher: Agus Supriyadi